Skip to main content

Tips dan Persyaratan Umum Melamar Kerja

Tips dan Persyaratan Umum Melamar Kerja - Anda belum bekerja? apakah anda mau mencari kerja? Memang untuk mencari atau melamar kerja butuh perjuangan yang ekstra, mulai mencari lowongan kerja, mengikuti job fair, mencari lewat partner, teman atau saudara anda.


Namun jangan lupa untuk yang mencari lowongan kerja, persiapkan surat-surat dan persyaratan umum melamar kerja seperti :
  1. Foto Copy KTP ( jangan luka KTP aslinya juga bawa )
  2. Foto Copy KK (jika perlu)
  3. Pas Photo 2x3, 3x4, 4x6 warna terbaru latar merah atau biru
  4. Kartu Kuning (AK 1)
    Kartu kuning atau kartu pencari kerja dapat anda buat di Depnaker/Disnakertrans terdekat. Untuk membuat Kartu Kuning ini harusnya gratis alias tidak di kenakan biaya sepeserpun.
  5. Foto Copy Ijazah Terakhir (Legalisir)
  6. Sertifikat Pelatihan/Keterampilan tertentu jika ada
    Ini merupakan berkas pendukung surat lamaran yang sebaiknya ada jika memang anda memiliki ketrampilan khusus. Terutama jika ketrampilan tersebut berhubungan posisi pekerjaan yang anda lamar. Sertifikat pelatihan pada umumnya seperti sertifikat komputer / mengemudi, dll.
  7. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang menyatakan bahwa pihak yang bersangkutan tidak pernah terlibat kasus pidana hukum apapun. Anda dapat mengurus SKCK di Polsek ataupun Polres tergantung kebutuhan dan di wilayah mana SKCK tersebut akan di gunakan)
  8. Surat Keterangan Sehat dari Tenaga Medis / Puskesmas
  9. Foto Copy SIM (jika melamar jadi sopir / sales lapangan / dll. )
  10. Daftar Riwayat Hidup (CV : Curricullum Vitae )
    Daftar riwayat hidup berisikan detail informasi diri si pelamar, mulai dari nama, alamat, TTL, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan lainnya
  11. Surat Keterangan Kerja - Bagi anda yang mempunyai pengalaman kerja maka melampirkan Surat Keterangan Kerja adalah hal yang disarankan. Maka dari itu sebaiknya anda harus mempunyai atau bisa juga meminta Surat Keterangan Kerja pada perusahaan tempat anda bekerja pada saat anda berhenti bekerja. Surat Keterangan Kerja merupakan bukti formal bahwa anda benar-benar pernah bekerja di lembaga atau instansi perusahaan tertentu dan tidak cacat kerja.
  12. Surat Lamaran Kerja yang baik dan rapi (contoh surat lamaran kerja nanti kita update di blog ini)
  13. Amplop surat besar / map untuk berkas

Nah itulah persyaratan umum untuk melamar kerja di perusahaan atau di tempat kerja lainnya, silahkan dilengkapi. Kemudian datanglah ke tempat kerja dengan pakaian kemeja panjang yang rapi, bersih, dan sopan (dimasukkan). Gunakan sepatu formal, dasi dan ikat pinggang. Cukurlah rambut dengan rapi dan sisirlah, jangan menggunakan anting / tindik (bagi laki-laki), gunakan farfum bila perlu :), kemudian bicaralah yang lembut dan penuh percaya diri. Persiapkan jawaban-jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan saat wawancara / interview.

Nah, sobat.. sekian dahulu artikel persyaratan umum melamar kerja lengkap ini, semoga bermanfaat, dan bagi anda yang sedang mencari kerja semoga sukses dan diterima lamarannya, amin..

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Baterai Alami dari Kentang

 Cara Membuat Baterai Alami dari Kentang - Percaya gak kalo di alam ini sebenarnya memiliki banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari, ini adalah percobaan fisika tentang kelistrikan yang dapat dicoba di rumah, tenang.. gak bakalan kesetrum kok... Bagaimana sih cara membuatnya? Apa benar menghasilkan listrik? Yuk kita simak... Persiapkan Alat dan Bahannya Kentang (disini kita pakai kentang, tapi kalian menggunakan lemon atau buah lainnya jika tertarik) Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa) Kabel Penjepit buaya Lempengan tembaga Lempengan seng Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam Langkah Pembuatan Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili / senti (jangan disatukan). Jepitkan kabel kepada masing-masing lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu. Lihat nyala lampu yang terjadi. Jika nyala lampu belu

Tips Mentata dan Merawar Rumah Minimalis

Memiliki rumah yang minimalis tentunya mempunyai cara tersendiri untuk mengkonsep ataupun mendesain rumah biar terlihat secara indah dan sedap dipandang. Untuk itu merawat rumah minimalis dan mentata rumah minimalis cukup mudah berikut kami berikan anda beberapa tips untuk merawat rumah dan mentata rumah anda silahkan disimak. Memanfaatkan Ruang Ruang-ruang kosong bisa bermanfaat bila Anda cermat. Tempat meletakkan barang bisa Anda pilih di ruang yang sebelumnya Anda biarkan kosong. Misalnya di bawah tangga, Anda dapat menempatkan perabotan atau perkakas atau sebagai storage. Bisa juga di bawah wastafel untuk menyimpan barang. Faktor Pencahayaan Pencahayaan dalam ruangan perlu Anda perhatikan. Sinar cahaya lampu yang Anda dapat manfaatkan berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat. Penempatan lampu di tiap ruangan jaraknya juga perlu Anda sesua

Contoh Surat Perjanjian Sewa Kontrak Rumah yang Baik

Surat Perjanjian Sewa Kontrak Rumah di perlukan apabila anda akan mengontrakan sebuah rumah,toko,atau kontrakan yang dimana kinerja dari sebuah surat tersebut akan memperkuat anda jika ada salah satu pihak yang melanggar dari isi surat perjanjian yang sudah di sepakati bersama. Inti dari sebuah surat perjanjian sewa adalah sang penyewa bersedia menjalankan apa yang sudah menjadi prosedur sang pemilik yang tertulis dalam beberapa pasal. hal itu bertujuan agar ada rasa tanggung jawab dari sang penyewa terhadap apa yang sudah di sewa. Untuk melihat bagai mana format dan cara membuat contoh surat perjanjian kontrak rumah bisa di simak dengan jelas tepat di bawah ini: Contoh : SURAT PERJANJIAN SEWA KONTRAK RUMAH Pada hari ini hari ................. tanggal ............................... telah terjadi Perjanjian Sewa Menyewa antara: Nama           : .............................................. TTL              : ............., ..............................